Ikut Survey ipanelonline Dijamin Dapat Bayaran

Kamis, 18 Juli 2013

Sistem Terintegrasi Dalam Lembar Kerja Excel

contoh sistem terintegrasi 
Menggunakan excel sebagai lembar kerja adalah satu-satunya pilihan yang terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan yang sekalipun sangat rumit, karena excel mudah digunakan dan fleksibel dalam pembuatan laporan-laporan administratif. Anda akan dengan mudah mempelajari bagaimana menciptakan sebuah sistem terintegrasi
dalam excel yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Fungsi-fungsi excel yang disediakan sudah sangat baik sejak Microsoft mengeluarkan Excel 2007, sehingga anda dapat menciptakan sistem terintegrasi hanya dengan menggunakan fungsi-fungsi tersebut.

Merancang Sistem Terintegrasi Menggunakan Fungsi-Fungsi Excel

Untuk menciptakan sebuah sistem terintegrasi dengan menggunakan fungsi-fungsi excel sangat mudah. Fungsi-fungsi utama untuk merancang sistem terintegrasi antara lain: VLOOKUP, IF, SUMIFS, dan COUNTIFS. Dengan menguasai empat fungsi utama tersebut, anda akan dengan sangat mudah membuat sebuah sistem terintegrasi. Disamping empat fungsi-fungsi utama, ada beberapa fungsi-fungsi tambahan yang dipastikan dapat anda gunakan untuk membantu empat fungsi utama tersebut, yaitu: IFERROR, TEXT, LEN, COLUMN, EOMONTH, TRIM. Sebagai contoh sistem terintegrasi menggunakan fungsi-fungsi excel anda dapat mengunduh ASIS v3.1.2013 di sini.

Tiga hal penting yang harus anda perhatikan untuk merancang sistem terintegrasi menggunakan fungsi-fungsi excel, antara lain:
  • Menyiapkan tabel-tabel yang berfungsi sebagai tabel master, misalnya: tabel master merk/kode barang, master nama cabang usaha, dan master nama pemasok.
  • Menyiapkan tabel-tabel transaksi, seperti: tabel pembelian, tabel penjualan, tabel transfer barang
  • Menyiapkan form-form laporan yang ingin diterbitkan, seperti: form laporan penjualan, form laporan pembelian, form laporan persediaan, form faktur penjualan, dan lain sebagainya.

view format as table excelAgar memudahkan anda dalam menerapkan fungsi-fungsi excel tersebut saya sarankan anda untuk menggunakan fitur Format as Table yang termasuk dalam menu Home, seperti gambar disamping. Dengan demikian pengetikan dalam Formula Bar akan lebih mudah dan tidak terlalu panjang.


Untuk mempelajari secara lengkap mengenai bagaimana menerapkan fungsi-fungsi excel anda dapat menggunakan fasilitas Microsoft Excel Help dengan menekan tombol F1 pada saat anda menggunakan excel.

Selain menggunakan fungsi-fungsi excel sistem terintegrasi yang telah anda rancang juga akan lebih baik dan sempurna bila anda juga menerapkan fungsi-fungsi macro excel. Tentu saja anda dapat menggunakan fitur Record Macro dalam menu View. Dan akan lebih baik lagi bila anda mengerti pemrograman menggunakan Visual Basic, karena fungsi-fungsi dalam Visual Basic juga dapat anda terapkan dalam macro excel.

Download ASIS v.3.1.2013



Catatan: Untuk membuka proteksi sheets gunakan password "admin1234"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer